JUsT LeArN 'n LEaRn… fRoM Now On 'tiL ThE eNd..

Juli 31, 2009

5 Hidayah mnurut DR. Wahbah Zuhaili (dalam tafsirnya: “AlMunir”)

Filed under: Uncategorized — Tag:, — upikjoe @ 4:11 am

1. Hidayah ilhami; fitrah yg Allah berikan kepada smua makhluk ciptaan-Nya. Mis: bayi yg lapar diberi hidayah menangis.

2. Hidayah hawasi : yg membuat makhluk Allah swt mampu merespon suatu peristiwa dgn respon yg sesuai. mis ktika manusia mendapat kebahagiann maka dia akan senang.

3. Hidayah aqli; hidayah yg diberikan khusus pd manusia yg mbuatnya bs berpikir unutk menemukan ilmu dan sekaligus merespon peristiwa dalam khidupannya dgn respon yg bermanfaat bagi dirinya. Hidayah akal akan bs kita miliki manakala kita slalu mengambil pelajaran dari sgala ssuatu, sgala peristiwa, dan sluruh pengalaman hidup kita
ataupun org lain.
“Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama1464. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; maka Allah mendatangkan kepada mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka” (QS AlHasyr:2)

4. Hidayah Dien (agama); adalah sebuah panduan ilahiyah yg membuat manusia mampu membedakan antara yg hak dan bati, baik dan buruk
mengikuti ktentuan Allah swt. Apa saja yg ditentukan oleh agama, pasti itulah yg terbaik untuk kita.
“..Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS AlBaqarah:216)

“..Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah.” Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.” (QS Ali Imran:79)

5. Hidayah taufiq; adalah hidayah yg membuat manusia hanya akan menjadikan agama Islam sbg panduan hidupnya. Untuk mendapatkannya hrs dgn bersungguh-sungguh.
“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (AlAnkabut:69)

-tarbawi-

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: