JUsT LeArN 'n LEaRn… fRoM Now On 'tiL ThE eNd..

November 2, 2009

Agar mudah Bertahajjud

Filed under: Uncategorized — upikjoe @ 2:25 am

Harus disadari bahwa siapapun yang bisa bertahajjud, berarti mendapat siraman rahmat, taufik dan hidayah dari Alloh. Tanpa pertolongan-Nya tidak mungkin bisa bangun malam untuk ruku’ dan sujud kepada Alloh. Kewajiban manusiawi anak Adam adalah berusaha menjemput rahmat, taufik dan hidayah Alloh. Berikut beberapa tip agar kita mudah bertahajjud.

1. MENJAGA MAKAN
Berusahalah makan dan minum secukupnya. Hindari makan dan minum yang berlebihan, meskipun dengan makanan dan minuman yang halal sekalipun. Rosululloh SAW memberi tuntunan tentang cara makan. Perimbangan isi perut adalah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk udara (kosong). Itulah cara makan yang paling sehat. Dunia medispun membuktikan bahwa perut yang terlalu penuh memang tidak menyehatkan. Justru bisa menjadi sumber penyakit.

Dalam konteks ibadah, maka perut yang kenyang akan menyebabkan orang menjadi malas untuk beribadah. Jangankan untuk bertahajjud, untuk ibadah sholat wajib lima waktu, dimana kita dalam keadaan terjaga, pasti merasakan berat. Bila pemenuhan kebutuhan jasmani terlalu dominan, maka kebutuhan ruhani dengan sendirinya akan terkalahkan. Benarlah apa yang disampaikan Hasan r.a. Ia berkata, “Barangsiapa diberi kekuatan oleh Alloh untuk menjalankan ketaatan kepada-Nya, maka ia tidak makan berlebihan. Dan barangsiapa yang mampu menjaga perutnya, maka ia akan mampu menjaga ketaatan kepada Alloh SWT.”

Ada dialog menarik antara Muhammad bin Sirrin dengan orang yang mendatanginya. Orang itu bermaksud belajar kepada Muhammad bin Sirrin tentang kiat agar dimudahkan melaksanakan ibadah sholat tahajjud.

Ketika orang itu bertemu dengan Muhammad bin Sirrin, ia berkata, “Ajarkan kepadaku ibadah dan sholat malam.”

Ibnu Sirrin bertanya kepadanya, “Beritahukan kepadaku tentang dirimu, bagaimana kamu makan?”

Ia menjawab, “Aku makan sampai merasa kenyang.”

Ibnu Sirrin berkata, “Itu adalah cara makannya binatang.” Ibnu Sirrin bertanya kembali, “Bagaimana kamu minum.?”

Orang itu menjawab, “Aku minum sampai merasa puas.”

Ibnu Sirrin berkata, “Itu adalah minumnya binatang ternak.” Kemudian Muhammad Sirrin berkata kepada orang tersebut, “Pergilah kamu dan belajarlah (terlebih dahulu) tentang cara bagaimana makan dan minum. Kemudian datanglah kembali kesini untuk belajar tentang ibadah kepadaku.”

Tentang menjaga dari kenyang, ibadah dan akhlak diri, kita bisa merenungi ucapan Ibrahim bin Adam. Beliau berkata,” Barangsiapa menjaga perutnya, maka ia menjaga agamanya. Barangsiapa menjaga rasa lapar, maka ia akan memiliki akhlak yang baik. Sesungguhnya kemaksiatan kepada Alloh itu jauh dari orang-orang yang perutnya lapar.”

2. MENJAGA KETAATAN DI SIANG HARI
Kemampuan untuk bangun malam, juga dipengaruhi akhlak diri di siang hari. Jika ingin dimudahkan bangun malam, maka disepanjang siang hari harus mampu menjaga akhlak diri. Hindari dari banyak bermaksiat kepada Alloh serta dari mendzalimi diri sendiri. Juga penting agar tidak mendzalimi orang lain. Meskipun hanya dengan sekedar gerak hati dan pikiran seperti prasangka, menggunjing berdusta dan sejenisnya.

Orang-orang yang menjaga akhlak di siang hari, berarti mengkondisikan diri untuk mudah bangun bertahajjud di malam hari. Seseorang bertanya kepada Hasan al Basri, “Saya ingin bangun malam, tapi sampai sekarang tidak bisa” Hasan al Basri berkata,” Taatlah kepada Tuhanmu pada siang hari, niscaya kamu dapat bangun pada malam hari.”

Dari penjelasan Hasan al Basri kita menjadi tahu, bahwa akhlak di siang hari menentukan akhlak kita di malam hari. Kalaupun kita tidak bisa sepenuhnya menjaga diri dari bermaksiat maka perbanyaklah istighfar kepada Alloh menjelang tidur. Sedangkan kedzaliman kepada sesama, inilah yang paling harus di jaga. Sebab catatan kesalahan kepada sesama (dosa), tidak bisa dihapus sebelum minta maaf kepada orang yang kita salahi.

3. JANGAN HABISKAN SELURUH ENERGI
Bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan keluarga bernilai ibadah di hadapan Alloh. Bahkan orang yang lelah setelah pulang bekerja, maka tidurnya merupakan ampunan bagi dirinya. Islam melarang keras bermalas-malasan. Sampai-sampai Rosululloh SAW berpesan agar kita memerangi rasa malas.

Sungguhpun begitu, jangan lupa dengan kalimat bijak ini bahwa sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Demikian pula dengan aktivitas kerja. Karena itu selama siang hari jangan sampai kita menguras seluruh energi yang kita miliki sedemikian rupa, hingga saat memasuki malam tidak ada lagi tenaga yang tersisa. Jika demikian, maka bagaimana mungkin bisa bangun malam mendirikan sholat tahajjud?

Berhati-hatilah dari bekerja berlebihan di siang hari. Ingat pesan Rosululloh SAW. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Alloh sangat membenci orang yang bekerja terlalu berat, orang yang banyak makan, orang yang sering membuat kegaduhan di pasar, bangkai pada malam hari (tidur sepanjang malam), keledai disiang hari (bekerja tanpa tujuan ibadah), dan orang yang menguasai urusan dunia tetapi tidak mengenal (bodoh) urusan akhirat.” (HR. Ibnu Hibban dan al Baihaqi).

4. TIDUR SEBENTAR DI SIANG HARI
Sepertinya agak aneh jika ada seruan untuk tidur sebentar di siang hari. Bukankah siang hari merupakan saat dimana manusia harus produktif di dunia kerja. Pandangan seperti itu, rasanya mulai harus dikaji ulang. Beberapa perusahaan di Eropa justru mulai menyediakan ruangan khusus bagi karyawannya untuk melakukan tidur siang sebentar. Hasilnya adalah produktivitas karyawan rata-rata mengalami peningkatan cukup signifikan.

Sejumlah peneliti Amerika Serikat melakukan eksperimen dengan menempatkan beberapa sukarelawan di tempat yang tertutup selama beberapa hari sehingga mereka tidak mengenal siang dan malam. Pada akhir eksperimen tampak bahwa para sukarelawan itu memiliki kecenderungan untuk tidur pada dua masa yang utama. Pertama pada masa yang panjang, yaitu tidur pada malam
hari. Kedua, pada masa yang singkat yaitu pada masa setelah tengah hari.

Para peneliti itupun bertanya keheranan, “Mengapa ada kecenderungan tidur siang yang singkat ini?” Mereka kemudian mencoba menggali manfaat tidur siang sebentar. Hasilnya adalah ternyata tidur siang sebentar sangat berguna. Yaitu menjadikan seseorang lebih bugar, lebih bersemangat dan lebih bergairah.

Para peneliti yang lain di Yunani setelah melakukan penelitian beberapa tahun tentang tidur siang sebentar, sampai pada kesimpulan, “Tidur 30 menit setelah dhuhur mengurangi penyumbatan pembuluh darah sampai 30 %.” Para ahli merekomendasi tidur siang antara 30 90 menit. Jika kurang atau lebih dari waktu itu faedahnya berkurang.

Saudaraku, penemuan para peneliti itu tidak lain, selain dari membuktikan kebenaran sabda Rosulloh SAW. Beliau menganjurkan kepada ummatnya. Kata Beliau“ Tidurlah sebentar pada siang hari karena setan tidak melakukannya.” (HR. Abu Naim dalam tarikh Ashhaban). Mulai sekarang pikirkan untuk tidur siang sebentar agar lebih bugar saat bertahajjud di waktu malam.

5. KIAT RUHANIYAH
Sallamah Muhammad Abu al Kamal memberi beberapa kiat ruhaniyah agar mudah bangun malam:
1. Selalu meningkatkan keimanan
2. Membersihkan hati dari dengki
3. Selalu menanamkan rasa takut dalam hati akan panasnya api neraka
4. Selalu mengingat keutamaan sholat malam
5. Mengingat kenikmatan bermunajad kepada Alloh di keheningan malam
6. Membayangkan tidur di dalam kubur.
7. Tidak sering berangan-angan
8. Mengingat-ngingat akhirat, kematian dan kehidupan setelah kematian.

Semoga kita termasuk orang yang selalu diberi kemudahan oleh Allah.
Wallohu a’lam bisshowab.
Link : http://www.facebook.com/note.php?note_id=165785103578&ref=mf

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: