JUsT LeArN 'n LEaRn… fRoM Now On 'tiL ThE eNd..

Februari 1, 2010

Makan dan minum dari harta yang haram

Filed under: Uncategorized — upikjoe @ 6:43 am

Siapa yang tidak mampu meninggalkan ucapan & tindakan kotor, maka Allah Swt tidak akan menerima (pengorbanannya) untuk meninggalkan makan dan minum saat berpuasa.” HR. Bukhari & Muslim.

Serupa dengan penuturan Rasulullah Saw di atas tentang orang berpuasa yang masih kerap berbuat dosa lalu amalnya tidak diterima oleh Allah Swt. Maka hal yang sedemikian berlaku bagi orang yang berhaji ke Baitullah dengan bekal harta yang haram. Di sisi Allah Swt segala bentuk pengorbanan yang mereka lakukan saat berhaji dan seluruh aktifitasnya maka tidak akan menjumpa balasan kebaikan. Seolah menjadi sebuah aktifitas sia-sia belaka!

Dalam kitab Shahih Muslim disebutkan sebuah hadits dari Rasulullah yang menuturkan tentang seseorang yang menempuh perjalanan jauh dalam ibadah. Tubuhnya lesu dan rambutnya kusut. Seharusnya kondisi safar dan terdesak (mudhthar) ini semestinya membuat Allah akan mengijabah doanya.

Pria ini hampir putus asa dalam melanjutkan perjalanan. Ia menengadahkan kedua tangannya ke arah langit seraya meminta kepada Allah Yang Maha Kaya. Ia memanggil Allah dengan ucapannya, “Ya Rabbi…., Ya Rabbi!” Namun sayang Allah Swt tidak berkenan untuk mengijabah doanya.

Apakah yang membuat Allah Swt tidak berkenan mengijabah doanya, bukankah Allah Swt berjanji untuk mengabulkan setiap doa hambaNya?! Ternyata hal yang membuat Allah tidak berkenan mengijabah doa adalah karena orang ini senantiasa makan dan minum dari harta yang haram. Pakaian yang ia gunakan dibeli dari uang haram. Dan dari kecil ia selalu diberi makan oleh orang tua dari hasil nafkah haram.

Kemudian hadits itu diakhiri dengan sebuah kalimat tanya dari Rasulullah Saw yang berbunyi, “Bila demikian kondisinya, lalu bagaimana doanya bisa dikabulkan?”

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: