JUsT LeArN 'n LEaRn… fRoM Now On 'tiL ThE eNd..

Maret 10, 2010

Fikih Ekonomi Umar bin al Khathab

Filed under: Uncategorized — upikjoe @ 5:55 am

Iyadh bin Khalifah berkata, “Aku melihat Umar r.a. pada tahun ramadah ini berwarna hitam, padahal dia berkulit putih, dan dia adalah seorang Arab yang memiliki tradisi makan keju dan minum susu, namun ketika manusia kelaparan, beliau mengharamkan keduanya terhadap dirinya, sehingga mereka hidup tidak kelaparan, lalu dia makan zaitun sehingga berubah warna kulitnya, dan dia sering lapar”. Sedangkan Sa’ib bin Yazid menggambarkan pakaian Umar dengan mengatakan, “Aku melihat Umar bin Khatab memakai baju dengan enam belas tambalan”.

Umar menegaskan, “Sesungguhnya manusia akan senantiasa istikamah, selama pemimpin mereka istikamah terhadap mereka”. Dan dalam suratnya kepada Abu Musa Al-Asy’ari, beliau mengatakan, “Sesungguhnya manusia akan melakukan sesuai dengan apa yang imamnya lakukan. Jika imam menyeleweng, maka rakyatnya pun akan menyeleweng”.

Bukan hanya itu, Umar pernah mengingatkan dengan mengundang keluarganya, beliau berkata, “Sesungguhnya aku melarang demikian, dan bahwasanya manusia akan melihat kamu seperti burung melihat daging, maka jika kamu jatuh, jatuhlah manusia, dan jika kamu takut, maka takutlah manusia. Sungguh demi Allah, tidaklah seorang di antara kamu jatuh dalam sesuatu dari apa yang aku larang kepada manusia, melainkan aku gandakan kepadanya hukuman, karena posisinya dariku”.

Menurut Umar r.a., cara-cara maknawi mengatasi krisis Ramadah adalah mengajak kaum Muslimin untuk bertobat dan beristigfar. Beliau mengatakan: “Sesungguhnya bencana ini disebabkan banyaknya perzinaan, dan kemarau panjang disebabkan para hakim yang buruk dan para pemimpin yang zalim. Wahai manusia! Sungguh aku khawatir jika bencana merambah kepada kita semua, maka carilah rida Tuhanmu, tinggalkanlah perbuatan dosa, bertobatlah kepada-Nya, dan lakukanlah kebaikan”.

*milis dinar-dirham*

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: