JUsT LeArN 'n LEaRn… fRoM Now On 'tiL ThE eNd..

April 21, 2011

@malakmalakmal Sharing Tentang #PluralismeIndonesia

Filed under: Uncategorized — upikjoe @ 10:54 pm

Islamedia – 01. Saya mau sharing sedikit dari pengalaman sy bbrp kali berdiskusi ttg #PluralismeIndonesia.

02. Hashtag #PluralismeIndonesia sy gunakan di sini dgn maksud hendak membicarakan scr khusus wacana pluralisme di Indonesia.

03. Meski bahasannya dibatasi dgn wacana di Indonesia, tp sy akan bahas jg wacana pluralisme global. #PluralismeIndonesia

04. Ini tak dpt dihindari, krn wacana pluralisme mmg berasal dr luar. Dgn kata lain, ini adalah ‘barang impor’. #PluralismeIndonesia

05. Ketika mengajar di STID M. Natsir, ada mahasiswa yg menjelaskan pluralisme dr definisi KBBI. #PluralismeIndonesia

06. Mnrt saya, ini langkah keliru, sbb pluralisme itu sendiri bkn ‘asli Indonesia’. #PluralismeIndonesia

07. Bahkan kalau kita merujuk pd kamus bhs asalnya pun kita ttp hrs cek realitanya. #PluralismeIndonesia

08. Masalah ini jadi bahasan pertama dlm buku “Tren Pluralisme Agama” karya ust Anis Malik Thoha. #PluralismeIndonesia

09. Sebab, definisi kamus pada kenyataannya tdk menggambarkan realita penggunaan istilah pluralisme ini. #PluralismeIndonesia

10. Dlm bukunya, ust Anis Malik Thoha membagi pluralisme dlm 4 tren. Dlm tesis saya, ditambah 1 lagi. #PluralismeIndonesia

11. Pluralisme perlu dibagi ke dlm bbrp tren agar memudahkan kita menganalisisnya. Sbb memang teorinya beragam. #PluralismeIndonesia

12. Tren pertama adalah Humanisme Sekuler. Ini adalah pemikiran yg murni antroposentris. #PluralismeIndonesia

13. Artinya, penganut tren ini menganggap bhw standar kebenaran adalah manusia, bkn yg lain. #PluralismeIndonesia

14. Pandangan antroposentris ini dgn sendirinya klop dengan sekuler. Makanya disebut Humanisme Sekuler. #PluralismeIndonesia

15. Kita jg hrs hati2 gunakan kata “humanis”, sbb makna asalnya bukan berperikemanusiaan, tp antroposentris tadi. #PluralismeIndonesia

16. Mnrt aliran Humanisme Sekuler, semua agama sama2 tunduk pd hukum buatan manusia. #PluralismeIndonesia

17. Para ahli dr gol. ini, misalnya William James, menganalisis agama dari gejala psikisnya. #PluralismeIndonesia

18. Maksudnya, agama adalah sesuatu yg menentramkan hati manusia. Apapun bentuknya. #PluralismeIndonesia

19. Dgn demikian, apapun yg membuat hati manusia senang, itulah agama. #PluralismeIndonesia

20. Maka pr penganut Humanis Sekuler mengubah ‘agama’ menjadi ‘pengalaman beragama’. #PluralismeIndonesia

21. Bhs Inggrisnya : ‘religion’ diganti dgn ‘religious experience’. #PluralismeIndonesia

22. Tren kedua adalah Teologi Global. Pemukanya antara lain Wilfred Cantwell Smith dan John Hick. #PluralismeIndonesia

23. Wilfred Cantwell Smith pernah mengusulkan agar term “religion” dibuang utk selamanya. #PluralismeIndonesia

24. Alasannya adalah krn ia tak bs membatasi agama2 tsb. Siapa yg boleh mengaku Kristen? Hindu itu apa? #PluralismeIndonesia

25. Kalau dibilang Kristen itu adalah agama yg mempertuhankan Yesus, tp ada jg Kristen yg unitarianisme. #PluralismeIndonesia

26. Smith mengganti “religion” dgn “faith” dan “cummulative tradition”. #PluralismeIndonesia

27. “Faith” menunjukkan paham sekuler, krn agama dibatasi pada ruang privat/keyakinan sendiri saja. #PluralismeIndonesia

28. “Cummulative tradition” menunjukkan bhw Smith menganggap agama itu produk budaya. #PluralismeIndonesia

29. John Hick meneruskan teori2 W.C. Smith. Mnrtnya, semua agama itu menyembah Tuhan yg sama. #PluralismeIndonesia

30. Analoginya tata surya. Planet2 (agama2) mengelilingi bintang (Tuhan) yg sama. #PluralismeIndonesia

31. Salah satu ciri khas Teologi Global adalah pada teori konvergensinya. #PluralismeIndonesia

32. Mnrt mereka, agama2 di dunia akan semakin konvergen, meski takkan pernah menyatu sepenuhnya. #PluralismeIndonesia

33. Kristen dipengaruhi Hindu, Hindu dipengaruhi Islam, begitu seterusnya hingga agama2 makin mirip. #PluralismeIndonesia

34. Tren ketiga adalah sinkretisme. Mungkin yg ini sudah banyak yg paham. #PluralismeIndonesia

35. Para penganut tren ini suka menggabung2kan ajaran dr berbagai agama. #PluralismeIndonesia

36. Yg menarik adalah latar belakang pemikirannya. Mnrt mrk, semua agama benar tp jg punya kesalahan2. #PluralismeIndonesia

37. Krn itu, kesalahan di agamanya kemudian ‘ditambal’ oleh ajaran agama lain. #PluralismeIndonesia

38. Tren ini berkembang luas di India, yaitu di peradaban Hindu. Itulah sebabnya Hindu sangat variatif. #PluralismeIndonesia

39. Hindu di India tdk sama dgn yg di Bali. Di India sendiri Hindu ada banyak sekali variannya. #PluralismeIndonesia

40. Dlm perjalanan sy ke Bali awal tahun kemarin, sy mendapat konfirmasi bhw mmg Hindu terbuka pd pengaruh kultural. #PluralismeIndonesia

41. Hal itu diakui oleh bbrp penganut Hindu (Bali) sendiri. Dlm aspek2 ritual, mmg ada pengaruh kultural. #PluralismeIndonesia

42. Tren keempat punya banyak nama. Sophia Perennis, Kesatuan Transenden Agama2 (KTAA), Hikmah Abadi, dll. #PluralismeIndonesia

43. Tren ini agak berlawanan dgn yg lainnya, karena ia menolak pengaruh globalisasi thd agama. #PluralismeIndonesia

44. Para penganut KTAA menganggap semua agama sama pd level esoterik, beda pd level eksoterik. #PluralismeIndonesia

45. Krn itu, mrk bersikeras agar agama2 tdk dikompromikan sama sekali. Hrs tetap pd bentuk aslinya. #PluralismeIndonesia

46. Krn semua agama sdh benar dlm bentuk aslinya, mengapa harus diubah? #PluralismeIndonesia

47. Meski demikian, tren ini tetap terjebak pada sistem sekuler, meskipun berusaha menentangnya. #PluralismeIndonesia

48. Krn semua agama benar, maka tak ada syariat apa pun yg lebih unggul. Akhirnya sistem sekuler lagi yg menang. #PluralismeIndonesia

49. Pengusung tren KTAA ini a.l. : Frithjof Schuon, Rene Guenon, Ananda Coomaraswamy, Seyyed Hossein Nasr. #PluralismeIndonesia

50. Tren kelima yg sy tambahkan dlm tesis adalah Teosofi-Freemasonry. #PluralismeIndonesia

51. Tren ini cukup unik, sekilas mirip dgn sinkretisme. Pengaruhnya sangat kuat, termasuk di RI. #PluralismeIndonesia

52. Teosofi menganggap semua agama berasal dari sumber yg sama. #PluralismeIndonesia

53. Moh. Natsir pernah diundang utk mengajar Islam pd siswa2 Teosofi di masa lampau. #PluralismeIndonesia

54. Aliran ini jg menjunjung tinggi aspek2 mistis dr semua agama. Mrk kerap kali lakukan upacara2 mistis. #PluralismeIndonesia

55. Buya Hamka pernah diundang utk menyaksikan secara langsung ritual pemanggilan roh oleh org2 Teosofi. #PluralismeIndonesia

56. Meskipun Teosofi anggap semua agama berasal dr sumber yg sama, tp ada jg catatannya. #PluralismeIndonesia

57. Annie Besant, pentolannya, menjelaskan bhw keragaman agama2 tergantung evolusi bangsa2. #PluralismeIndonesia

58. Kpd suku2 primitif, diturunkanlah agama yg primitif; ada dukun, upacara memanggil hujan dll. #PluralismeIndonesia

59. Sebaliknya, pd bangsa2 yg sudah maju, agamanya lebih ilmiah. #PluralismeIndonesia

60. Sbgmn teori evolusi Darwin, teori evolusi ala Annie Besant ini jg berasumsi bhw Eropa di puncak evolusi. #PluralismeIndonesia

61. Pemikiran Teosofi berkembang luas di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda hingga skrg. #PluralismeIndonesia

62. Dari seluruh tren2 pluralisme tsb, yg mana yg dipakai di Indonesia? #PluralismeIndonesia

63. Pertanyaan ini tdk mudah utk dijawab. Krn kaum pluralis di Indonesia mmg cuma konsumen. #PluralismeIndonesia

64. Dgn kata lain, tdk ada teori pluralisme yg benar2 kuat yg telah diajukan oleh pluralis asli Indonesia. #PluralismeIndonesia

65. Kadang2, lucunya, kaum pluralis pun mengambil teori2 pluralisme secara serampangan. #PluralismeIndonesia

66. Adakalanya mrk gunakan teori KTAA, adakalanya mengutip John Hick. Pdhal kedua teori ini berlawanan. #PluralismeIndonesia

67. Ada yg tdk malu2 mengusulkan sinkretisme, tp di lain kesempatan justru sekuler. #PluralismeIndonesia

68. Pdhal sinkretisme menambal agamanya dgn agama lain, tdk spt sekuler yg menambal agama dgn aturan sendiri. #PluralismeIndonesia

69. Buku2 di Indonesia yg menjelaskan soal pluralisme masih tumpang-tindih. #PluralismeIndonesia

70. Hasilnya, terjadilah kerancuan definisi sbgmn yg diperingatkan oleh ust Anis Malik Thoha. #PluralismeIndonesia

71. Silakan cek buku2 atau artikel2 yg menjelaskan soal pluralisme, apakah dijelaskan definisinya di awal? #PluralismeIndonesia

72. Ketika MUI mengeluarkan fatwa haram pluralisme (2005), kaum liberalis meradang. #PluralismeIndonesia

73. Mnrt mrk, definisi MUI tdk representatif, krn teori pluralisme sangat beragam. #PluralismeIndonesia

74. Tp kalau memang definisinya beragam, mengapa #mereka jarang berikan definisi di awal? #PluralismeIndonesia

75. Ambil contoh wawancara dgn Jalaluddin Rakhmat di sini >> http://bit.ly/h8FFTa

76. Jalaluddin Rakhmat, dlm wawancara ini, justru mengatakan bhw ada definisi pluralisme yg diterima secara konsensus. #PluralismeIndonesia

77. Tp apakah Jalaluddin menjelaskan definisi yg dia maksud secara jelas? Silakan cek sendiri. #PluralismeIndonesia

78. Pernah ada yg mencela sy dgn mengatakan, “Pluralisme yg sy pelajari nggak spt itu!” #PluralismeIndonesia

79. Tapi ybs. jg tdk bisa jelaskan definisi pluralisme yg ia pegang dan referensinya dr mana. #PluralismeIndonesia

80. Ada jg yg bilang pluralisme ala Gus Dur beda, tp tak bisa tunjukkan bedanya di mana. #PluralismeIndonesia

81. Abd. Moqsith Ghozali dlm disertasinya di UIN Syarif Hidayatullah jg membahas soal pluralisme. #PluralismeIndonesia

82. Disertasi tsb diterbitkan dgn judul “Argumen Pluralisme Agama, Membangun Toleransi Berbasis Al-Qur’an”. #PluralismeIndonesia

83. Dlm bukunya, Moqsith sendiri mengakui masalah ketidakjelasan definisi ini. #PluralismeIndonesia

84. Anehnya, walaupun menyadari masalah tsb, tp bukunya sendiri tetap tdk menjelaskan definisi pluralisme yg jelas. #PluralismeIndonesia

85. Demikianlah realita pluralisme di Indonesia. #PluralismeIndonesia

86. Oleh sebab itu, kalau ingin serius mendalami wacana pluralisme, tdk afdhol kalau acuannya ke #PluralismeIndonesia

87. Pluralisme yg dikembangkan di Indonesia hingga saat ini hanya hasil tambal sulam. #PluralismeIndonesia

88. Ambil dari sana-sini tanpa mendalami dasar pemikirannya terlebih dahulu. #PluralismeIndonesia

89. Dr penjelasan ttg ke-5 tren pluralisme td, kita tentu bs melihat bhw semuanya memberi pengaruh pd #PluralismeIndonesia

90. Semoga kita dijauhkan dari kegelapan dan kebingungan dan tetap pd cahaya dan keyakinan. Aamiin.. #PluralismeIndonesia

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: