JUsT LeArN 'n LEaRn… fRoM Now On 'tiL ThE eNd..

Agustus 15, 2011

Membangun Kemakmuran Berbasis Al-Qur’an : Agar Ramadhan Ini ‘Nyambung’ Ke Ramadhan Berikutnya…

Filed under: Uncategorized — upikjoe @ 4:46 am

Membangun Kemakmuran Berbasis Al-Qur’an adalah tema I’tikaf Wirausaha yang insyaAllah akan kami adakan di Masjid Pesantren Wirausaha Daarul Muttaqiin – Jonggol Farm, Jonggol antara tanggal 19/08/11 s/d 29/08/11. Tema ini kami ambil untuk membumikan tadarus dan tadabur Al-Qur’an kita selama Ramadhan ini agar membuahkan karya nyata sesudahnya. Agar Al-Qur’an menjadi solusi bagi masalah-masalah nyata di masyarakat seperti ancaman kekurangan pangan, kekurangan lapangan pekerjaan, ketergantungan ekonomi pada impor produk dari negara lain dlsb.dlsb.

Untuk membangun suasana cinta Al-Qur’an ini, dua hari menjelang Ramadhan Alhamdulillah sudah difungsikan Masjid ‘Gedebog’ Daarul Muttaqqin yang sejak awal pembangunannya di ilhami oleh ayat-ayat Al-Qur’an untuk pemberdayaan resources yang ada di sekitar kita. Masjid yang dicanangkan pembangunannya juga di bulan Ramadhan tahun lalu tersebut, alhamdulillah bener-bener bisa mulai direalisir pembangunan intensif-nya tiga bulan lalu – dan bulan Ramadhan ini sudah bisa dipakai. Tarawih perdana semalam di Masjid ini di ramaikan oleh masyarakat sekitar yang ikut antusias untuk menyambut kehadirannya.

Masjid ‘Gedebog’ Daarul Muttaqiin 7 Hari Menjelang Ramadhan

Masjid ‘Gedebog’ Daarul Muttaqiin 7 Hari Menjelang Ramadhan

Agar suasana cinta Al-Qur’an ini bener-bener hadir di lingkungan masjid ini, maka sejak hari pertama penggunaannya- di Masjid ini pula resmi berdiri Madrasah Al-Qur’an Daarul Muttaqiin – dengan santri-santri yang menetap di lantai bawah dari Masjid ini. Santri-santri awal ini adalah santri-santri terpilih yang rata-rata belia di usia 8-12 tahun, namun sudah mampu membaca Al-qur’an dengan sangat bagus dan sudah memiliki hafalan yang lumayan banyak – di antara mereka bahkan sudah ada yang hafal sampai 10 juz. Dua belas orang santri cilik ini dibina oleh 3 orang Pembina yang rata-rata sudah hafidz, hafal 30 juz.

Pendekatan menghadirkan santri yang sudah hampir jadi ini sama maksudnya dengan menghadirkan usaha-usaha yang juga sudah hampir jadi di lingkungan pesantren – yaitu untuk menyemangati para santri baru – baik santri Al-Qur’an maupun Santri Wirausaha – bahwa mereka juga akan bisa !. Mereka-mereka ini seperti ragi yang menjadi accelerator dalam pembuatan roti !, mereka menjadi contoh nyata – bahwa sesuatu yang nampaknya sulit sekali menjadi mudah bila benar-benar dilakukan dengan kesungguhan dan ketekunan.

Para Santri Awal dari Madrasah Al-Qur’an

Para Santri Awal dari Madrasah Al-Qur’an

Di lingkungan seperti inilah nantinya Anda yang ingin ikut I’tikaf Wirausaha ini akan berada. Secara garis besar materinya hanya dua, yaitu Al-Qur’an dan Aplikasinya. Untuk materi Al-Qur’an selain Anda bisa men-tadarusi dan men-tadaburi-nya sendiri, Anda juga bisa memperbaiki bacaan bagi yang memerlukannya – dan insyaAllah juga akan kami hadirkan ustadz-ustadz yang akan membahas surat-surat pilihan.

Keberadaan Anda di lingkungan anak-anak yang pandai membaca dan menghafal Al-Qur’an juga diharapkan menjadi pemicu semangat Anda untuk menambah hafalan dengan surat-surat pilihan Anda selama I’tikaf ini. Ustadz-nya anak-anak Madrasah Al-Quran yang sudah berada di lokasi sejak sebelum Ramadhan ini, insyaAllah akan dapat berbagi pengalamannya dengan Anda untuk meng-akselerasi peningkatan hafalan Anda.

Untuk materi aplikasi yang terkait membangun kemakmuran adalah aplikasi ekonomi atau usaha yang kita akan gali dari nilai-nilai Al-Qur’an. Anda akan kami pandu untuk mulai menggali informasi jenis-jenis usaha yang di-inpirasi oleh ayat-ayat Al-Qur’an. Contoh-contoh nyata-nya ada di sekitar lokasi Anda I’tikaf seperti industri susu kambing yang diilhami oleh surat An Nahl. Budi daya jamur yang diilhami surat Ad Dzariyat, dan bahkan masjid tempat Anda ber I’tikaf dibangun oleh industri materials yang antara lain menggunakan gedebog pisang yang diilhami surat Al Waqiah.

Setelah masing-masing peserta menggali inspirasi Qur’ani-nya sendiri-sendiri atau dengan panduan kami, kami akan pandu para peserta untuk bisa mengembangkan business model building block yang akan menjadi semacam check-list akan hal-hal yang diperlukan untuk membawa idenya ke tahap implementasi.

Setelah business model terbentuk, tahap berikutnya adalah financial model exercises. Untuk yang terakhir ini bersifat opsi saja bagi yang membutuhkan, disarankan membawa notebooknya sendiri khusus untuk subjek yang ini.

Seluruh materi wirausaha mulai dari inpirasi, business model development dan financial model exercises – jadwalnya dibuat fleksibel untuk mengantisipasi para peserta I’tikaf yang tidak semua bisa hadir dari awal malam 21, dan tidak semua pula bisa hadir sampai akhir Ramadhan. Karena selama I’tikaf insyaallah saya sendiri akan hadir full di lokasi selama 10 hari terakhir Ramadhan, kesempatan ini dapat pula menjadi semacam open house event – bagi Anda yang ingin berdiskusi untuk mendalami dan mengimplementasikan ide-ide entrepreneurship yang banyak saya bahas di situs ini.

Meskipun memiliki misi besar tersebut – jangan dibayangkan bahwa tempat I’tikaf Anda ini akan seperti masjid-masjid besar lainnya – yang lengkap dengan fasilitasnya yang wah. Masjid kami sederhana, satu setengah lantai dengan luas total sekitar 750 m2. Ruang tertutupnya hanya di lantai bawah sekitar 150 m2 – ini yang dipakai para santri untuk menetap sebelum kami bisa membangunkan asrama untuk mereka, di ruangan ini pula nanti Anda bisa tinggal selama I’tikaf bila Anda tidak tahan udara terbuka.

Bagi yang siap dengan udara terbuka, kita akan I’tikaf di ruang utama masjid yang terbuka seluas +/- 600 m2. Untuk ini kami sarankan Anda siap-siap dengan keperluan pribadi – yang Anda anggap penting seperti sleeping bag dlsb. Mengantisipasi adanya ibu-ibu yang juga akan ikut I’tikaf, sebagian ruang Masjid akan kami pasangi penutup berupa korden yang bisa di buka tutup.

Untuk program I’tikaf ini tidak dipungut biaya apapun, namun bagi Anda yang berniat untuk saling berbagi sesuatu untuk berbuka puasa bagi sesama peserta I’tikaf tentu kami tidak melarangnya. Bagi yang ingin berangkat langsung ke lokasi, Anda dapat mengikuti menu peta lokasi yang ada di http://www.jonggolfarm.com/JF.jpg . Bagi yang sudah mendaftar lewat email atau-pun event di facebook yang tidak sempat semua kami jawab satu persatu, anggaplah pengumuman ini sebagai undangan resmi untuk Anda. Bagi yang ingin berangkat bareng kami ke lokasi, silahkan berkumpul di Citra Grand D 3 no 28 Cibubur pada tanggal 19/08/21 jam 14:00 paling telat.

Bila Ramadhan tahun lalu kami menggagas Masjid ‘Gedebog’ Daarul Muttaqiin, dan Ramadhan tahun ini dengan penuh rasa syukur Masjid tersebut bener-bener berdiri dan dimakmurkan dengan Madrasah Al-Qur’an di dalamnya – maka siapa tahu Andapun bisa terinspirasi untuk mencanangkan karya besar Anda pada bulan Ramadhan ini – dan merealsisasikannya hingga Ramadhan tahun depan. Begitu seterusnya, setiap Ramadhan usai – ada lompatan besar bagi karya Anda yang memberi manfaat pada umat secara keseluruhan…. InsyaAllah.

Oleh Muhaimin Iqbal Geraidinar[dot]com

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: