JUsT LeArN 'n LEaRn… fRoM Now On 'tiL ThE eNd..

Juni 25, 2012

Redaksi Dokter Penghapal Qur’an, Peraih Nobel dan Care Lingkungan Hidup

Filed under: Uncategorized — upikjoe @ 2:42 pm
https://upikjoe.files.wordpress.com/2012/06/beaainislam.jpg?w=300
Pria Jangkung, pemilik jenggot dan rambut yang telah memutih, aurah wajahnya memancarkan keteduhan Islam dan semangat kejayaan, pria yang telah melanglang-buana dalam dunia dakwah di dunia Intenasional, ide-idenya segar menyerahkan, moderat mendamaikan, peramu sejarah dan realitas yang melahirkan optimisme kemenangan, magnet pemuda-pemuda Islam yang haus kejayaan. Dialah DR. Raghib Sirjani, pria lulusan kodokteran Universitas Cairo dan Amerika Serikat dengan Summa Cumlaud pada spesialisasinya di Saluran Kantong Kemih. Dosen Kodekteran di Universitas Cairo. Pria kelahiran Kairo,  48 tahun silam (1964), yang menyelesaikan hapalan Al-Qur’an pada tahun 1991-1992 atau ketika umurnya menginjak 32 tahun.
Sejarawan Islam kontemporer yang menjadi rujukan dunia Islam, dengan pandangan-pandangannya yang mencerahkan, memadukan sejarah dan realitas. Dengan ucapannya yang terkenal “Sejarah mengulang dirinya sendiri”. Pengasuh dan pendiri situs sejarah Islam terbesar  “www.islamstory.com”. Ia juga tokoh pergerakan Mesir yang banyak dikerumuni oleh para pemuda yang haus akan kebangkitan Islam.
Pandangan-pandangannya telah membuahkan puluhan karya gemilang yang banyak menulang penghargaan dan nobel internasional, di antaranya: Nobel Yusuf bin Ahmad Kanu dalam bidang Tsaqafah Islamiyah (wawasan dan budaya Islam) tahun 2011, Nobel Islamic Center Dai Tauhid dan Sunnah tahun 2010, Nobel Penghargaan Negara (Dewan Tinggi  Bidang  Keislaman), peraih Juara Satu Internasional dalam Acara Internasional Mengenalkan Nabi Muhammad SAW., sebagai Nabi Pembawa Rahmat, tahun 2007, Nobel Mubarak Sumbangsi Kaum Muslimin pada Dunia.
Di Indonesia sendiri, buku kecilnya yang berjudul Kaifa Tuhafidzul Ala Shalatil Fajar (Keajaiban Shalat Shubuh) menjadi buku best seller, yang banyak memberikan inspirasi semangat  pada jutaan umat Islam di Indonesia.
Kini karyanya kembali meraih Nobel Internasional Raja Naif Pada khidmah Sunnah Nabawiyah dan ilmunya dalam bidang kajian kontemporer yang mengambil tema lingkungan hidup “Memelihara Lingkungan Hidup dalam Islam”.
Ia dikukuhkan sebagai pemenang nobel, setelah hasil  rapat Lembaga Tinggi Nobel Internasional Raja Naeb bin Abdul Aziz Untuk Sunnah Nabawiyah dan Kajian Islam, yang dipimpin oleh Raja Suud bin Naeb, Wakil Ketua Lembaga Tinggi Nobel, pada tanggal 20 Mei 2012. Yang mengukuhkan DR. Raghib As-Sirjani sebagai peraih Nobel Internasional dalam bidang kajian Sunnah Nabiwiyah yang mengambil tema kontemporer “Lingkungan Hidup dalam Islam).
Lingkungan Hidup dalam Islam
Dalam bukunya, DR. Raghib memetakan kajiannya dalam enam bab dan terdiri dari beberapa pasal pembahasan.
Bab pertama berjudul (Lingkungan.. Perspektif dan Pondasi)
Terdiri dari empat pasal, pasal pertama membahas pengertian penting di antaranya: Lingkungan, Pencemaran, Ilmu Lingkungan (Ekologi).
Pasal Kedua, menjelaskan Pandangan Islam terhadap lingukungan dan hubungan antara seorang muslim dan lingkungan.
Pasal ketiga mengambli mengetengahkan pembahasan tentang Interaksi Islam dengan lingkungan, berinvestasi melalui dari firman Allah SWT., (Dan Dia-lah Allah yang telah ,,, ) Q.S Huud: 61), dan menjaga lingkungan melalui Firman-Nya (Al-A’raf: 56).
Adapun Pasal keempat, mendemonstrasikan Lingkungan pada peradaban dahulu, China, India, Mesir, Yunani, Persia, dan Romawi.
Bab Kedua berjudul “Investasi Lingkungan dalam Syariat Islam”
Bab ini mencakup dan mendemonstrasikan pandangan Syariat dan aflikatif dalam investasi sumber lingkungan yang beragam, seperti investasi air. investasi bumi, investasi nabati, dan investasi mahluk hidup.
Bab Ketiga (Menjaga Lingkungan dalam Syariat Islam)
Terdiri dari enam pasal yang membahas pandangan syar’iat dan aflikatif dalam menjaga sumber kehidupan lingkungan hidup, seperti  menjaga dan melindungi  air, menjaga bumi, menjaga tumbuh-tumbuhan, menjaga mahluk hidup, menjaga udara, dan menjaga dari penyakit dengan mendorong hidup bersih dan menghindari pencemaran, Pasal ini juga membahas penyakit yang paling banyak tersebar  di dunia akhir-akhir ini, seperti sapi gila, flu hewan, flu babi, dan cara mengobatinya.
Bab Keempat (Lingkungan Hidup dalam Peradaban Islam).
Pasal pertama membahas lingkungan hidup dalam pemikiran para ulama peradaban Islam, pengetahuan ulama kaum muslimin melihat permasalah lingkungan hidup, karangan-karangan Islam dalam bidang lingkungan Hidup. dan menyebutkan sebagian petuah-petuah dan fatwa ulama,
Pasal kedua membahas pemeliharaan lingkungan hidup dalam sejarah peradaban Islam, pembasan ini adalah pemaparan sejarah di berbagai zaman kekhalifaan Islam, sejak khalifah Umawiyah, berlanjut hingga khalifah Abbasiah, Daulah Zankiyah, dan Daulah Ayyubiah, jaman kerajaan Mamalik, Andalusia (Spanyol) dan terakhir kekhalifaan Turki Utsmani.
Bab Kelima (Lingkungan dalam Realitas Kontemporer)
Yang terdiri dari empat pasal yang membahas akar dan perkembangan pemikirian lingkungan hidup di era kontemporer, dan krisis  lingkungan di alam moderen, tantangan penting dalam inverstasi lingkungan, dan usaha internasional dalam menyelamatkan dan melindungi investasi lingkungan hidup
Bab enam (Kaum Muslimin dan Lingkungan Hidup, Realitas Pahit dan Solusi)
Yang terdiri dari dua pasal: pasal pertama membahas krisis lingkungan dalam realitas umat Islam, yaitu tiga krisis,krisis investasi sumber lingkungan hidup, krisis pemeliharaan sumber lingkungan hidup, dan statistik krisis penjagaan dan investasi di dunia arab.
Adapun pasal dua, membahas pandangan Islam dalam memberikan solusi menghadapi permasalahan lingkungan hidup.
Perlu diketahui bahwa Nobel Raja Naif bin Abdul Aziz Alu Suud adalah penghargaan  atas pengabdian pada Sunnah Nabawiyah dan ilmunya, nobel penghargaan yang diberikan secara berkala tiap dua tahun sekali dalam bidang pengkhidmatan terhadap Sunnah Nabawiyah. (Anas)
-http://www.islamicgeo.com-

1 Komentar »

  1. wah, seorang tokoh dengan prestasi yang bejibun ya🙂

    Komentar oleh Riki — Juli 23, 2012 @ 2:09 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: